WP Super Cache Untuk High Load Blog

Setelah memberanikan diri membeli VPS, kemarin iseng login lagi ke WHM panel dan ternyata saat melihat Server Status terkejut juga. Memory dan mySQL process masih aman, cuma CPU load bikin ketar – ketir. 40% CPU load yang mengakibatkan database sering connection error.

high-server-load-wordpress

Akhirnya ngirim email ke support dan akhirnya mereka restart. Selain itu berpesan untuk mengoptimasi php scriptnya. OMG – optimasi php script?? Ini pake wordpress gimana caranya optimasi, coding aja masih newbie. Setelah tidur sejenak dan menatap loading CPU usage yang walopun sudah turun menjadi 38% tapi tetap aja masih membawa perasaan ngga enak. Dan setelah ubek-ubek plugin kok ya nemu WP Super Cache.

Sebenarnya ini plugin udah lama tak pake di website yang satunya tapi karena ngga pake VPS tetep aja ngga tau apa bener bikin loadingnya berkurang ato ngga. Akhirnya nyoba juga di VPS, tinggal upload dan aktifin plugin-nya. Setting dikit jadi deh! Setelah 2 jam mulai merasakan perubahannya. Dari yang pertama loadingnya 38% sekarang turun menjadi cuma 22.9%! Gila juga nih plugin, pantesan recommend buat high load trafik, apalagi kalo kena Digg effect yah!

Plugin WP Super Cache ini membuat static html tersendiri di folder cache dan menampilkannya ke visitor. Jadi ngga usah loading table, query ato perintah php apapun (mungkin ada tapi dikit). Jadinya CPU ngga terlalu sibuk loading sana sini untuk menampilkan halaman web yang berbeda. Fungsinya untuk meringankan beban kerja CPU dan plugin ini saya rekomendasikan bagi anda yang udah punya trafik gede menggunakan WordPress. BTW terakhir cek turun lagi loh jadi 21.9%, jadi pengen tau sampe berapa persen kalo udah dicache semua yah? ;))

UPDATE:
Wah, barusan cek lagi ternyata dah ngga merah lagi statusnya. Loading CPU cuma 2.5% lebih dikit, mmg mantap nih plugin :D

16 comments

  1. widis says:

    Pertamaxxxxx Yesss :D

  2. widis says:

    siiippp udah download, thanks

  3. Fujitsu says:

    wooww maknyussss, thanks

  4. Makasih atas review nya, skearang salah satu situs saya dah tak “pakein” plugin ini jg.

  5. vika says:

    hebat bos..thanks ilmunya

    jangan lupa mampir ke blog saya
    saya kasih ole-oleh
    software&ebook gratis
    thanks
    http://pitungputih.blogspot

  6. sampepuas says:

    situs saya juga kena suspend karena highload.
    apakah ada solusi lain selain menggunakan plugin sp super cache? btw bro sewa VPS berapa duit?
    thx.

  7. krisna says:

    @sampepuas – kl sewa vps dulu sih sktr $45 – $85 per bulan (tergantung spek). tp ya itu msh share dgn bbrp situs orang lain jg. mending kl mmg bener2 dimonetize dgn baik webnya & duitnya jg berlebih ngga ada salahnya sewa Dedicated Server. sktr $170/ keatas per bulan tergantung spek jg.

  8. sampepuas says:

    akhirnya saya pake vps juga.. silahkan berkunjung ke blog saya dan jangan lupa meninggalkan jejak yah. makasih atas info VPSnya mas krisna.. :p

  9. aji fajar says:

    sip dah coba dulu
    buat blog nyang trafiknya rendah mungkin ga usah kali ya..??

  10. ganool says:

    haduwh,,kayaknya ribet klo pke vps,,cz msh nyubi..

  11. poer says:

    ga coba plugin db cache reloaded bro? aku habis bandingin load time sama jumlah querynya, hasilnya lebih bagus dibanding wp super cache.

  12. krisna says:

    @poer – hehehe..baru mo nyobain. td pagi abis baca2 mimpikami, banyak jg ilmu disana. thx bro :)

  13. tomi says:

    kalau hostingan biasa tanpa VPS apa ada pengaruhnya??
    maklum newbie

  14. krisna says:

    @tomi – dicoba aja :D

  15. tak coba dulu ah. soalnya blog saya berat banget…
    tapi bisa digunakan di blogspot ng ya?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You might also likeclose