Home » Case Study » WP Super Cache Untuk High Load Blog

WP Super Cache Untuk High Load Blog

Setelah memberanikan diri membeli VPS, kemarin iseng login lagi ke WHM panel dan ternyata saat melihat Server Status terkejut juga. Memory dan mySQL process masih aman, cuma CPU load bikin ketar – ketir. 40% CPU load yang mengakibatkan database sering connection error.

high-server-load-wordpress

Akhirnya ngirim email ke support dan akhirnya mereka restart. Selain itu berpesan untuk mengoptimasi php scriptnya. OMG – optimasi php script?? Ini pake wordpress gimana caranya optimasi, coding aja masih newbie. Setelah tidur sejenak dan menatap loading CPU usage yang walopun sudah turun menjadi 38% tapi tetap aja masih membawa perasaan ngga enak. Dan setelah ubek-ubek plugin kok ya nemu WP Super Cache.

Sebenarnya ini plugin udah lama tak pake di website yang satunya tapi karena ngga pake VPS tetep aja ngga tau apa bener bikin loadingnya berkurang ato ngga. Akhirnya nyoba juga di VPS, tinggal upload dan aktifin plugin-nya. Setting dikit jadi deh! Setelah 2 jam mulai merasakan perubahannya. Dari yang pertama loadingnya 38% sekarang turun menjadi cuma 22.9%! Gila juga nih plugin, pantesan recommend buat high load trafik, apalagi kalo kena Digg effect yah!

Plugin WP Super Cache ini membuat static html tersendiri di folder cache dan menampilkannya ke visitor. Jadi ngga usah loading table, query ato perintah php apapun (mungkin ada tapi dikit). Jadinya CPU ngga terlalu sibuk loading sana sini untuk menampilkan halaman web yang berbeda. Fungsinya untuk meringankan beban kerja CPU dan plugin ini saya rekomendasikan bagi anda yang udah punya trafik gede menggunakan WordPress. BTW terakhir cek turun lagi loh jadi 21.9%, jadi pengen tau sampe berapa persen kalo udah dicache semua yah? ;))

UPDATE:
Wah, barusan cek lagi ternyata dah ngga merah lagi statusnya. Loading CPU cuma 2.5% lebih dikit, mmg mantap nih plugin :D

Pencarian:optimasi processor, kegunaan wp super cance, optimasi cpu usage, plugin wordpress meringankan loading.