Home » Personal » Grand Livina 1.5XV After 6 Months

Grand Livina 1.5XV After 6 Months

Tak terasa udah 6 bulan lamanya bersama my first dream Grand Livina 1.5XV M/T dan sampe sekarang pun ngga pernah rewel. Udah pernah beberapa kali di-test ke Singaraja yang jalannya lumayan bikin puyeng. Naik turun gunung (ato bukit yah..) dan diterjang hujan lebat pun tetep ngga ada masalah. Selain itu yang paling uenak itu zero maintenance alias ngga perlu ngecek oli, aki ato apalah namanya setiap minggu/bulan. Paling juga nambahin air wiper doank tiap 3 bulan sekali :D

nissan-grand-livina-xv

Karena udah 6 bulan sudah saatnya si Grand Livina tak review dari sisi baik dan kurang baiknya (ngga mau bilang jelek soale mobil milik pribadi :P).

Sisi baik Grand Livina:

  1. Modelnya keren ngga kalah dengan pesaingnya. Body memang pendek seperti sedan dan inilah yang bikin mantap kalo di jalan baypass. Ngga kerasa kalo udah 100km/jam :D
  2. Kalo test keiritan BBM ngga ada yang bisa ngalahin dah! Baca aja majalah AutoBild terbaru dan liat test irit bensin mobil di kelas 1500cc. Dan BBMnya pake premium loh bukan pertamax seperti beberapa kompetitornya yang lain :)
  3. Sebagai mobil dengan penghargaan The Best Compact MPV, Nissan Grand Livina ini memang cocok buat keluarga seperti saya yang baru punya anak satu :D Mo belanja apa aja masuk semua! Jadi inget waktu beli tedung (payung dengan hiasan untuk di pura), beli 3 yang gede dan ternyata muat loh dimasukin ke mobil padahal tingginya hampir 2.5 meter.
  4. Daya tampung lumayan banyak buat 7 penumpang. Lebih bagusnya kalo jok paling belakang untuk anak-anak ato buat bagasi aja. Kalo orang dewasa setinggi saya sih sepertinya bakalan ngga nyaman.
  5. Interior mewah seperti sedan eropa dengan nuansa warna cream cerah. Walo banyak yang bilang gampang kotor, kalo menurut saya sih malah itu yang bikin kita rajin untuk ngerawat interior mobil. Karpet juga tak tambahin karpet plastik bening diatas karpet beludrunya biar ngga kotor :)
  6. Handing mantap! Dengan sudut putar setir yang kecil, pake satu tangan pun untuk belok 180 derajat ngga masalah. Apalagi kalo lagi pengen ngebut di baypass, dijamin ketagihan ;)
  7. Mesin kompak dengan zero maintenance. Seperti yang udah saya katakan diatas, ngga perlu susah ngecek oli mesin, aki, radiator, dll. Kalo dah waktunya dibawa ke bengkel ya tinggal bayar aja berapa untuk perawatannya. Cocok banget buat saya yang ngga suka diganggu dengan rutinitas ngecek mobil tiap minggu ato bulan. Asli males banget! Untuk mobil keluaran terbaru ternyata sekarang standar untuk ganti oli itu per 10.000 km. Bayangin aja saya dah bawa 6 bulan masih 7500 km. Berarti sekitar 3 bulan lagi baru saya bawa ke bengkel untuk 10.000 km dan ini juga masih servis gratisnya :D
  8. Suspensi seperti sedan, uenakk pokoknya . Apalagi dengan velg-nya yang terkesan sporty.

Sisi kurang baiknya:

  1. Moncong depan ngga keliatan, jadinya waktu pertama kali make agak canggung juga. Khawatir kalo nabrak ato nyerempet walo dah diasuransi mobilnya. Tapi sekarang sih biasa aja :D
  2. Pedal kopling terlalu jauh. Jadinya kalo masih bawaan Nissan kalo kita angkat dikit koplingnya, trus di-gas ternyata mobil tetep diam. Jadi harus diangkat setengah lebih baru deh mo jalan nih mobil. Tapi sekarang dah disetting biar ngga terlalu jauh koplingnya.
  3. Cuma tersedia CD audio. Jadinya ngga bisa dengerin MP3. Tapi ada bagusnya juga, jadi kreatif bikin CD audio lagu amp; artis favorit trus ditaruh di CD case mobil :D
  4. Jok tengah kalo diisi 3 orang agak sesak. Yah..namanya juga compact MPV :P
  5. Apalagi yah.. kok sepertinya cuman itu doank :P

Kesimpulannya cocok buat orang males seperti saya yang ngga suka ngerawat mobil tapi taunya make doank alias buka pintu mobil, puter kunci langsung kaburrr!! Untuk harga worthed banget apalagi dengan keiritan BBMnya sehingga pantas banget kalo dulu dinobatkan menjadi Car or the Year 2007 :)

Pencarian:grand livina, livina, grand livina review, grand livina XV, review grand livina.